Tim JuraganCOD Yuk, kirim paket COD & Non COD di JuraganCOD dengan tarif flat ongkir cuma Rp. 7.500 per kilo. Daftar Sekarang Gratis!

9 Tips Membuat Tagline Agar Brand Kamu Lebih Relevan dan Mudah Diingat oleh Target Market

2 min read

Pertanyaan yang sering muncul di benak para calon pebisnis adalah, “Bagaimana cara menciptakan tagline yang menarik dan efektif untuk bisnis saya?”.

Nah, jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa tips yang akan membantu kamu membuat tagline yang kuat dan menarik bagi target audiensmu.

Ingat, sebuah tagline yang tepat dapat menjadi alat pemasaran yang kuat untuk memperkenalkan merekmu dan memikat pelanggan potensial.

1. Buat Secara Singkat, Jelas, dan Mudah Dimengerti

Sebuah tagline harus singkat dan padat, tetapi tetap dapat menyampaikan pesan yang kuat.

Jika tagline terlalu panjang atau rumit, risiko untuk terlupakan sangat tinggi. Kamu tidak ingin pelangganmu bingung atau bahkan merasa enggan untuk mengingatnya.

Sebaliknya, dengan tagline yang sederhana, jelas, dan mudah dimengerti, kamu dapat meningkatkan kesempatan taglinemu mencapai target audiens dengan lebih efektif.

2. Sesuaikan Gaya Bahasa dengan Target Market

Ingatlah bahwa target market bisnismu mungkin memiliki preferensi bahasa yang berbeda.

Jika bisnismu ditujukan kepada generasi muda, gunakan bahasa yang kasual, santai, dan akrab.

Namun, jika produkmu lebih untuk kalangan profesional, gunakan bahasa yang lebih formal dan berwibawa.

Jangan salah menyesuaikan gaya bahasa, karena jika tidak sesuai, kamu bisa kehilangan daya tarik terhadap pasar yang ingin kamu capai.

3. Relevan dengan Produk dan Target Market

Tagline yang efektif harus relevan dengan produk atau layanan yang kamu tawarkan serta sesuai dengan kebutuhan dan keinginan target market.

Dengan menyelaraskan tagline dengan apa yang ditawarkan bisnis dan apa yang diinginkan pelanggan, kamu akan mengkomunikasikan nilai unik dan membuat pelanggan potensial merasa tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut.

4. Jangan Meniru/Mirip Brand Lain (Plagiat)

Keaslian adalah kunci dalam menciptakan tagline yang sukses. Hindari meniru atau menggunakan tagline yang mirip dengan merek lain.

Selain dapat menyebabkan masalah hukum, kamu juga akan kehilangan kesempatan untuk membedakan diri di pasar. Kamu ingin merekmu dikenali karena keunikan dan keistimewaannya sendiri.

5. Bangun Emosi Tertentu

Tagline yang kuat mampu membangun emosi tertentu pada audiens. Bisa jadi melalui humor, kebanggaan, inspirasi, atau perasaan lain yang relevan dengan merekmu.

Jika taglinemu dapat memancing emosi positif pada pelanggan, mereka cenderung lebih terhubung secara emosional dengan merekmu, dan ini bisa menjadi pendorong untuk melakukan pembelian atau interaksi lebih lanjut.

6. Jujur dengan Tagline

Jangan menggunakan klaim palsu atau mengada-ada dalam tagline. Kejujuran adalah kunci untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan.

Jika taglinemu tidak mencerminkan nilai dan kualitas yang sebenarnya dari bisnismu, maka pelanggan yang merasa tertipu akan meninggalkan merekmu dan beralih ke pesaing yang lebih jujur.

7. Sesuaikan dengan Kualitas Produk

Tagline yang bagus akan sia-sia jika produk atau layanan yang ditawarkan tidak sesuai dengan ekspektasi yang dijanjikan.

Pastikan bahwa tagline yang kamu buat dapat dijalankan sesuai dengan kualitas dan keunggulan produkmu.

Jika taglinemu menjanjikan kualitas terbaik, pastikan produkmu juga memberikan kualitas terbaik.

8. Pilih Kata-Kata yang Sederhana

Gunakan kata-kata yang mudah diingat dan sederhana. Hindari pemakaian kata-kata yang terlalu teknis.

Tagline yang efektif adalah yang dapat dengan mudah diingat oleh pelanggan dan mereka dapat meneruskannya dengan mudah kepada orang lain.

9. Tonjolkan Keunggulan Brand

Tagline adalah kesempatan untuk menonjolkan keunggulan bisnismu. Apa yang membuat merekmu berbeda dan mengapa pelanggan harus memilihmu?

Jika taglinemu dapat menyampaikan pesan tentang keunggulan brand, ini dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan memberikan alasan bagi pelanggan untuk memilihmu daripada pesaing.


Membuat tagline yang menarik dan efektif memang memerlukan ketelitian dan pemikiran. Jangan ragu untuk bereksperimen dan mencari masukan dari orang lain.

Jika kamu mengikuti tips-tips di atas dengan baik, tagline yang kamu ciptakan dapat menjadi alat pemasaran yang ampuh untuk membantu bisnismu mencapai kesuksesan.

Tim JuraganCOD Yuk, kirim paket COD & Non COD di JuraganCOD dengan tarif flat ongkir cuma Rp. 7.500 per kilo. Daftar Sekarang Gratis!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

🔥 Yuk, kirim paket COD & Non COD dengan tarif flat ongkir cuma Rp. 7.500 per kilo. Daftar Sekarang Gratis!